Mengenal C++, Sejarah Perkembangan Bahasa C dan C++ #001

Halo sobat programer, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang pengetahuan dasar mengenai bahasa pemograman C dan C++, mulai dari Pengertian bahasa C++, Sejarah singkat perkembangan bahasa pemograman C dan C++.

Apa Itu C++ | Blues Coding
Apa itu ?, C++ merupakan salah satu bahasa pemograman populer yang paling banyak di gunakan oleh para programer untuk membuat atau mengembangkan program-program aplikasi yang besar, seperti games dan progam untuk penelitian di bidang sains, embedded system, tak hanya itu bahasa C++ juga bisa di gunakan untuk mengembangkan aplikasi berbasis web, berikut ada lah beberapa web framework yang bisa kita gunakan untuk keperluan tersebut :
  • Crow (https//github.com/ipkn/crow)
  • CppCMS (http://cppcms.com/)
  • TreeFrog (http://www/treefrogframework.org/)
  • Silicon (http://siliconframework.org/)
Seiring dengan perkembangan dunia komputer khususnya pemograman, bahasa-bahasa pemograman terus bertambah, namun eksistensi bahasa C++ masih tetap berjaya dan selalu mengikuti perkemmbangan dunia pemograman, sehingga bahasa C++ ini termasuk kedalam dalam bahasa pemograman yang paling banyak di gunakan selain bahasa C dan Java.

Sejarah Singkat Bahasa C dan C++  | Blues Coding
Di awal mula pembuatanya, bahasa komputer digunakan untuk membantu dalam melakukan perhitungan-perhitungan telmetri dan masih menggunakan bahasa mesin (sebuah bahasa sederhana yang hanya mengenal angka 1 dan 0), Karena bahasa mesin dirasa terlalu ribet, maka bahasa mesin tersebut di sederhanakan kembali agar lebih mudah untuk di pahami dengan cara menampilkan perintah-perintah khusus yang di sebut dengan mnmonic seperti ADD, MOV, JMP, dan perintah lainya. Perintah-perintah tersebut disebut dengan bahasa assembly (sebuah bahasa yang tergolong bahasa tingkat rendah).

Pada tahun 1969, Labolatorium Bel AT&T di Muray Hill, New Jersey menggunakan bahasa assembly untuk mengembangkan sistem operasi  UNIX dengan tujuan agar sistem operasi unix bisa bersifat programmer-friendly. Setelah UNIX berjalan, Ken Thompson berhasil mengembangkan sebuah bahasa pemograman yang di sebut dengan bahasa B. Penamaan ini di ambil dari BCPL. Kemudian bahasa B ini digunakan untuk menulis ulang dan mengembangkan sistem operasi UNIX. Namun karena bahasa B merupakan penerjemah dan dirasa lambat, maka pada tahun 1971 Denis Ritchie menulis ulang sistem operasi unix dengan bahasa C.

Hingga saat ini bahasa C, masih di gunakan untuk pengembangan dan pembuatan program yang salah satunya untuk akses perangkat keras, mikrokontroler dan pemograman sistem operasi. Salah satu dari penggunaan bahasa C ini adalah sistem operasi yang mungkin sedang kalian gunakan saat ini yaitu Windows dan Linux, jadi tak heran jika bahasa C menjadi bahasa yang paling populer. 

Di balik kepopuleran itu ada sebuah kelemahan dimana semakin besar perkembangan sebuah program, maka semakin rumit design programnya dan akan ada banyak sekali kode yang harus di buat karena bahasa C bersiftat prosedural. Untuk mengatasi hal ini, pada tahun 1979 Bjarne Stroustrup seorang doktor Labolatorium Bel AT&T, membuat sebuah bahasa baru yang dasarnya adalah bahasa C dan mendukung pemograman berorientasi objek dengan nama bahasa C With Clasess. 4 tahun berlalu, nama dari bahasa pemograman tersebut berubah menjadi C++ yang berarti increment dari bahasa C.

Pengalaman Admin  | Blues Coding
Admin sendiri mengenal bahasa pemograman C++ ini ketika sedang kuliah, di mata kuliah algoritma dan pemograman 1 (semester 1) dan algoritma dan pemograman 2 (semester 2), untuk kedua mata kuliah tersebut admin berhasil mendapatkan nilai A :D. Menurut saya pribadi, bahasa C++ mudah di pahami jika di bandingkan dengan java, salah satunya terlihat dari cara penulisan script yang tidak begitu rumit dan pendek. Meskipun berbeda jenis nya, dimana C++ adalah pemograman yang bersifat prosedural sedangkan java adalah pemograman berorientasi objek.

Baiklah mungkin hanya itu saja yang bisa admin jelaskan mengenai pengertian apa itu C++ dan sejarah singkat perkembangan bahasa C dan C++, terus kunjungi Blues Pedia ya, akan ada banyak artikel yang menarik lainya. Terimakasih, salam Admin :D
Previous
Next Post »