Apa itu Char / String, Cara Penggunaan & Apa Perbedaannya #017

Di tutorial sebelumnya saya telah membahas tentang Input / Ouput Data Numerik, Karakter, String, dimana pada tutorial dijelaskan secara singkat salah satu tipe data yang digunakan untuk menginput sebuah data yaitu Char. Untuk pembahasan lengkap mengenai tipe data Char ini akan saya bahas disini secara lengkap, mulai dari pengertian apa itu char, cara penggunaan, contoh program dan terakhir perbedaan char dengan String, berikut pembahasan nya :
Pembahasan Sebelumnya :
Input / Output Data Numerik, Karakter, String C++
A. Apa itu Char ? | Blues Coding
Char merupakan salah satu tipe data yang di gunakan untuk menginput data berupa karakter. Karakter yang di bisa di proses oleh char hanya karakter ASCII saja (American Standard Code For Information Interchange) yang berjumlah 256 karakter, dimana karakter-karakter ini terdiri dari  huruf alfabet kecil (a-z), huruf alfabet kapital (A-Z), angka 0 - 9 dan  karakter-karakter simbol seperti titik, koma, kutip, sama dengan, dan simbol lainya. Memori yang di gunakan variabel dengan tipe data char adalah 1 byte saja.

B. Cara Menggunakan Char & Contoh Program | Blues Coding
Untuk cara menggunakan char sangatlah mudah, kalian hanya perlu menuliskan kata char saja ketika mendeklarasikan sebuah variabel, umumnya char di gunakan untuk menampung sebuah nama, alamat, dan form data lainnya Agar kalian bisa lebih memahi salah satu tipe data ini, perhatikan dan coba lah buat program berikut :


  • Script Program


  • Output Program :
    Input Nilai a1 = #

    Data Varibael Char
    a1 = #
    a2 = A
    a3 = A
    a4 = G
Seperti yang kalian lihat, pada contoh script program diatas saya membuat 4 variabel dengan tipe char, dengan 4 varibel ini saya coba input sebuah karakter dengan cara yang berbeda, dimana variabel a1 di input secara dinamis (belum di tentukan), karakter yang bisa di input bebas sesuai keinginan ketika program di jalankan, sedangkan untuk variabel a2 di input secara static (sudah di tentukan) dengan huruf "A", sama seperti variabel a2 untuk variabel a3 saya input dengan huruf "A" namun dengan cara yang berbeda yaitu menuliskan kode ASCII dari huruf A yaitu 65.

Terakhir varibael 4 saya isikan huruf  "G" dengan cara menjumlahkan data yang ada pada variabel a2 dengan angka 6. Untuk cara penjumlahanya bukan di jumlahkan langsung ya antara huruf A dengan angka 6 akan tetapi di konversi terlebih dahulu. Variabel a2 memiliki sebuah karakter "A" dimana karakter ini memiliki kode ASCII = 65, setelah di konversi barulah di jumlahkan 65 + 6 = 71, lalu di konfersi lagi ke huruf sehingga menjadi huruf "G". 

C. Menginput Lebih dari 1 Karakter | Blues Coding
Pada program sebelumnya, cobalah untuk menginput varibel a1 dengan karakter yang berjumlah lebih dari satu, misalkan saya input dengan "*()_+)" dan apakah yang akan terjadi ketika variabel a1 di tampilkan ?, jawabanya adalah seperti ini :

  • Output Program :
    Input Nilai a1 = *()_+)

    Data Varibael Char
    a1 = *
Secara Default tipe data char hanya akan memproses 1 karakter saja, tak peduli berapa banyak karakter yang kalian input, contohnya seperti output program di atas, untuk variabel a1 saya menginput 4 buah karakter, namun ketika variabel a1 di tampilkan yang muncul hanya 1 saja yaitu karakter tanda bintang saja, lalu bagaimana caranya agar bisa menginput lebih dari 1 karakter ?, berikut caranya :

  • Script Program :
    #include<iostream>
    using namespace std;

    int main(){
    char a1[6];

    cout<<"Input Nilai a1 = ";
    cin>>a1;
    cout<<endl<<endl;
    cout<<"Data Variabel Char a1 = "<<a1<<endl;
    }
  • Ouput Program :
    Input Nilai a1 = *()_+)

    Data Varibael Char a1 = *()_+)
Agar variabel tipe data char bisa menampung lebih dari 1 karakter, kalian hanya perlu menambahkan script tanda kurung kotak dengan sebuah angka didalamnya setelah nama variabel, besarnya angka yang di tuliskan tergantung dari banyaknya karakter yang akan di tampung, jika kalian menuliskan char a1[100] maka variabel a1 hanya mampu menampung 100 karakter saja.

D. Cara Input Karakter Spasi | Blues Coding
Masalah lain akan muncul ketika kalian menginput sebuah spasi, yaitu karakter setelah spasi tidak akan di tampilkan, misalnya :

  • Output Program :
    Input Nilai a1 = Blues Coding

    Data Varibael Char
    a1 = Blues
Jadi ketika kalian menginput sebuah karakter yang terpisahkan dengan spasi / lebih dari 1 kata, maka karakter yang akan di tampilkan hanya karakter sebelum tanda spasi saja, lalu bagaimana cara mengatasinya ?, untuk cara mengatasinya akan saya jelaskan di tutorial berikutnya ya dengan judul : 
Artikel Terkait :
2 Cara Menginput Nama/Teks Lebih Dari 1 Kata Pake Spasi C++
Di artikel tersebut akan saya bahas 2 cara menginput sebuah karakter (nama) lebih dari 1 kata menggunakan 2 tipe data yang berbeda yaitu char dan ..... (lihat di artikelnya saja ya)

E. Apa Itu String | Blues Coding
String merupakan tipe variabel data yang akan menampilkan sebuah karakter seperti yang sudah di input tanpa batasan jumlah karakter seperti char. untuk cara menggunakanya sama seperti char hanya tinggal menuliskan string (nama variabel). Untuk cara penggunaan tipe string secara detail tidak akan saya bahas, karena kebanyakan programer lebih memlih char dari pada string.

F. Perbedaan Char & String  | Blues Coding
Mudahnya char merupakan sebuah tipe data yang dapat menampung sebuah karakter dengan jumlah tertentu, sedangkan string dapat menampung sebuah karakter tanpa batasan jumlah. Selain itu bisa di katakan char merupakan sekumpulan karakter, sedangkan string merupakan sekumpulan char.

Itulah pembahasan kita kali ini mengenai Char dan String, kesimpulannya Char dan String merupakan tipe data yang digunakan untuk menampung karakter, perbedaanya hanya terletak pada jumlah karakter saja, jika char terbatas sedangkan string tidak ada batasan. Di pembahasan selanjutnya akan saya jelaskan tentang 2 cara menginput karakter yang terpisah dengan spasi, pembahasan ini tentunya akan bermanfaat sekali karena bisa digunakan untuk menginput sebuah nama atau alamat yang terdiri dari beberapa kata, jadi terus kunjungi Blues Coding ya, sampai jumpa di artikel selanjutnya, salam admin :D
Previous
Next Post »