Apa Bedanya C dan C++, Perbedaan Script, Contoh Program #003

Hai sobat programer, pada pembahasan artikel kali ini kita akan membahas tentang Apa Bedanya C dan C++, Perbedaan Script bahasa C dengan bahsa C++,  dan Contoh Program. Mungkin kalian bertanya-tanya apa sih perbedaanya ?, karena sekilas jika di lihat dari hurufnya, di awali dengan huruf yang sama yaitu C, bedanya hanya di tambahkan parameter tanda plus dua kali saja. Jika kalian mengikuti artikel Blues Pedia Script dari awal, salah satunya dari pembahasan artikel sebelumnya tentang Apa itu C++ dan sejarah singkat perkembangan Bahasa C dan Munculnya C++, pasti kalian akan tau perbedaan bahasa C dan C++, nah pada tutorial kali ini kita akan menggali lebih dalam perbedaanya, berikut pembahasanya :

Perbedaan C dan C++ | Blues Coding
Hubungan antara bahasa C dan C++ sangatlah erat sekali, karena bahasa C merupakan cikal bakal atau dasar dari bahasa C++. Bahasa C++ di buat oleh Bjarne Stroustrup yang merupakan salah satu doktor yang ada di labolatorium Bell AT&T di Muray Hill pada tahun 1983 dengan tujuan untuk menyempurnakan bahasa C yang hanya bersifat prosedural menjadi sebuah bahasa yang berorientasi objek.

Dalam bahasa C, tanda ++ merupakan increment dimana maksud dari tanda tersebut adalah penambahan nilai dengan 1, sehingga C++ adalah C1. Angka 1 melambangkan bahasa C yang sudah mendukung pemograman berorientasi objek, singkatnya bahasa C++ adalah bahasa pemograman C yang sudah mendukung pemograman berorientasi objek. Semua hal yang bisa di lakukan di bahasa C maka bisa di lakukan juga di bahasa C++, tetapi tidak berlaku sebaliknya, hal itu karena kompilator yang di gunakan. Semua kompilator bahasa C++ bisa kita gunakan untuk kompilasi script bahasa C, tetapi kita tidak bisa menggunakan kompilator bahasa C untuk kompilasi script C++.

Jika kalian sudah pernah mempelajari bahasa C, maka akan sangat mudah untuk mempelajari bahasa C++, namun bukan berarti kalian harus mempelejari bahasa C terlebih dulu untuk mempelejari C++, karena jika kalian mempelajari bahasa C++, maka secara tidak langsung  kalian sedang belajar bahasa C, jadi jangan bingung lagi ya, harus belajar dari mana dulu.

Perbedaan Script bahasa C dan C++ | Blues Coding
Dalam hal penulisan script ada sedikit perbedaan antara bahasa C dan C++, agar lebih memahaminya berikut saya buatkan contoh program sederhana menginput dan menampilkan sebuah angka dengan 2 bahasa yang berbeda yaitu C dan C++, perhatikan baik-baik ya kawan :
Bahasa C :
//Nama File : Blues Pedia.c

#include<stdio.h>
int main() {
    //Pengenalan variabel a
    int a;

    //Script untuk menampilkan kata
    printf("Input Sebuah Angka = ");

    //Script untuk menyimpan hasil input ke variabel a
    scanf("%d", &a);

    //Script untuk menampilkan kata dan nilai dari variabel a
    printf("Angka Yang Telah Di Inpput %d", a);

    return 0;

}
Bahasa C++ :
//Nama File : Blues Pedia.cpp

#include<iostream>
using namespace std;
int main() {
    //Pengenalan variabel a
    int a;

    //Script untuk menampilkan kata
    cout<<"Input Sebuah Angka = ";

    //Script untuk menyimpan hasil input ke variabel a
    cin>>a;

    //Script untuk menampilkan kata dan nilai dari variabel a
    cout<<"Angka Yang Telah Di Inpput "<<a;

    return 0;

}
Perbedaan :
  • Penamaan file progam bahasa C berekstensi (dot)c sedangkan bahasa C++ berekstensi (dot)cpp
  • Header file yang di gunakan untuk proses input/ouput (I/O) di dalam bahasa C adalah <stdio.h> sedangkan di dalam bahasa C++ adalah <iostream>
  • adanya penambahan script using namespace std di C++, hal itu karena semua pustaka C++ di bungkus dalam script tersebut, sedangkan pada bahasa C tidak menggunakan script tersebut.
  • perintah untuk menampilkan sebuah kata di bahasa C++ adalah cout<<""sedangkan di bahasa C adalah printf(""); 
  • Perintah untuk menginput sebuah inputan dari keyboard ke vaiabel dalam bahasa C++ adan cin>>a;; sedangkan untuk bahasa C adalah scanf("%d", &a); ssd
Hasil / output dari kedua program tersebut adalah sama, kurang lebih seperti ini :
Input Sebuah Angka = 12
Angka Yang Telah Di Input 12
Bagaimana kawan ?, sekarang sudah pahamkan perbedaan antara bahasa C dan bahasa C++, kesimpulanya adalah Bahasa C++ merupakan perluasan atau perkembangan dari bahasa C yang mendukung pemograman berorientasi objek, sehinga bahasa pemogramanya menyerupai bahasa C, meskipun ada beberapa perintah atau script yang berbeda. Baiklah saya rasa cukup itu saja pembahasan kita mengenai Apa Bedanya C dan C++, Perbedaan Script bahasa C dengan bahsa C++,  dan Contoh Program, sekian dan terimakasih, salam Admin :D.
Previous
Next Post »