Proses Pembentukan Program C++ dari Source Code Sampai Output #004

Hai sobat Blues Pedia, pada tutorial kali ini kita akan membahas tentang proses pembentukan program C++ dari source code sampai menampilkan output di monitor. Mungkin sekilas yang terlihat ketika kita menjalankan sebuah program di C++ hanya memakan waktu beberapa detik saja sampai layar monitor menampilkan output dari program yang sedang kita kerjakan, seolah-olah tidak ada hal yang terjadi selama proses menampilkan output, ternyata dalam waktu beberapa detik tersebut terjadi beberapa proses / tahapan pembentukan program, dari kode biner menjadi file biner yang dapat di eksekusi. Masing-masing tahapan di lakukan oleh program lain yang berberbeda-beda yaitu :
  • C++ Preprocessor
  • C++ Compiler
  • Assembler
  • Linker
Di dalam sistem operasi Linux, rata-rata hasil pembentukan sebuah program di tandai dengan ektensi .out (bisa di ubah), sedangkan dalam sistem operasi windows, file progam akan berekstensi .exe. Setelah file program baik file .out atau atau pun file .exe terbentuk, file-file tersebut dapat di eksekusi atau di jalankan. Program yang melakukan eksekusi file ini di sebut program loader. Berikut adalah gambar alur pembentukan sebuah program :


Dari gambar di atas terlihat ada 5 proses atau tahapan yang harus dilalui, berikut penjelasanya :

Program C++ Preprocessor | Blues Coding
Pada pembentukan program di bahasa C++, diawali dengan script program akan perluas oleh program C++ preprocessor, program ini akan menggabungkan script program dengan preprocessor directive yang di gunakan di dalam script, preprocessor directive sendiri adalah bagian script program yang di awali dengan tanda #.

Script program yang diawali dengan tanda #, contohya yang sering di gunakan adalah #include, maka script tersebut akan di ubah ke dalam bentuk kode aktual. Jika di dalam script program terdapat script #include<iostream> maka seluruh isi dari file "iostream" akan di masukan ke dalam script program sehingga memperluas script program dan selanjutnya script program yang sudah di perluas ini akan di proses ke proses selanjutnya yaitu C++ Compiler.

Program C++ Compiler | Blues Coding
Setelah proses perluasan script program selesai, tahap selanjutnya adalah tahap menerjemahkan program yang akan di lakukan oleh program C++ Compiler, Progam C++ Compiler ini akan menerjemahkan atau mengubah script yang sudah di perluas menjadi kode assembly (sebuah kode / bahasa yang hanya di mengerti oleh komputer). Script yang sudah berubah menjadi kode assembly selanjutnya akan masuk ke proses selanjutnya yang akan di proses oleh program Assembler.

Program Assembler | Blues Coding
Langkah selanjutnya setelah proses penerjemahan script ke kode Assembly adalah mengubahnya menjadi kode objek. Ketika paket kode assembly telah di terima penuh oleh progam Assembler, progam assembler ini akan langsung menjermahkan semua kode yang ada di dalam nya ke dalam bentuk kode objek. Setelah selesai di terjemahkan, kode yang sudah berubah tersebut akan di kirim ke program linker.

Program Linker | Blues Coding
Jika kode program terdiri dari beberapa file, maka kode objek yang dihasilkan juga akan sesuai dengan jumlah file yang ada, misal jika dalam membuat sebuah program terdiri dari 10 file, maka file objek yang sudah di terjemahkan oleh program Assembler ada 10 juga. Sesuai dengan namanya program ini akan menghubungkan semua file-file tersebut dengan menggunakan Standard Runtime Library yang sudah di sediakan oleh C++, lalu mengubahnya menjadi sebuah file biner (.out atau .exe) yang dapat di jalankan oleh system operasi. Sampai disinilah proses pembuatan program selesai.

Program Loader | Blues Coding
Fungsi dari program loader adalah menjalankan file program yang sudah di buat oleh program linker yang nantinya output dari program tersebut bisa kita lihat di layar monitor.

Dalam sebuah program / aplikasi pemograman C++, contohnya aplikasi code block akan ada fitur Build, Run, Build & Run, ketiga fitur tersebut memiliki fungsi yang berbeda, dimana fitur :
  • Build akan memanggil program C++ prepocessor, C++ compiler, Assembler, dan Linker, untuk memproses kode / script program menjadi sebuah file program (.exe) saja yang siap untuk di jalankan, sehingga ketika kalian klik build, maka system tidak akan menampilkan ouput program.
  • Run akan memanggil program Loader untuk mengeksekusi file program yang sudah di buat dan di perbaharui, sehingga output dari file program akan di tampilkan.
  • Build and Run, tentunya dari namanya saja kalian bisa tau apa fungsi dari fitur ini, fungsinya yaitu untuk mengubah kode program menjadi file program dan langsung menjalankanya.
Bagaiamana paham ga ?, hehehe
itulah pembahasan kita mengenai Proses Pembentukan Program C++ dari Source Code Sampai Output, terus ikut artikel dari blues pedia script ya agar pengetahuan kalian mengenai bahasa pemograman C++ bertambah, sekian dan terimakasih kawan :D, salam admin.
Previous
Next Post »